Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan.
Contoh : Perancangan interior tetap, bergerak, maupun decoratif yang bersifat sementara
Misalkan pada pekerjaan desain dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
1. Perancangan interior tetap
perancangan desain interior mulai dari merencana denah existing bangunan, lay-out, floor plan,
ceiling plan,
potongan, aksonometri, detail, perspektif, maket, animasi,dan teknik presentasi
lainya
2. Perancangan interior bergerak (moveable)
perancangan desain interior yang bersifat mikro, misalkan pembuatan desain furniture, desain
2. Perancangan interior bergerak (moveable)
perancangan desain interior yang bersifat mikro, misalkan pembuatan desain furniture, desain
produk,desain
landscape interior, handycraft, dll.
3. Perancangan decoratif
perancangan yang bersifat menghias, misalkan mendesain hiasan pesta pernikahan, mendesain pesta
3. Perancangan decoratif
perancangan yang bersifat menghias, misalkan mendesain hiasan pesta pernikahan, mendesain pesta
ulang tahun,
dll.
Namun untuk lingkup materi desain interior sangat banyak sehingga tidak dapat dikelompokkan secara khusus. Desain interior adalah ilmu yang melingkupi karya seni, arsitektur, dan proses. Pengerjaan interior dikerjakan dengan detail sesuai permintaan klien.
Apakah desain itu?
1. Finding the right physical components of a physical structure (Alexander, 1963)
· Desain merupakan kegiatan pencarian komponen- komponen yang paling tepat dan sesuai dalam
Namun untuk lingkup materi desain interior sangat banyak sehingga tidak dapat dikelompokkan secara khusus. Desain interior adalah ilmu yang melingkupi karya seni, arsitektur, dan proses. Pengerjaan interior dikerjakan dengan detail sesuai permintaan klien.
Apakah desain itu?
1. Finding the right physical components of a physical structure (Alexander, 1963)
· Desain merupakan kegiatan pencarian komponen- komponen yang paling tepat dan sesuai dalam
upaya membentuk
suatu struktur fisik tertetu.
2. A goal directed problem solving activity (Archer, 1965)
· Merupakan suatu kegiatan pemecahan masalah dengan tujuan tertentu.
3. Decision making, in the face of uncentainly, with high penalties for eror (Asimow, 1962)
· Desain adalah suatu pengambilan keputusan dalam ketidak pastian dengan resiko kerugian berat
2. A goal directed problem solving activity (Archer, 1965)
· Merupakan suatu kegiatan pemecahan masalah dengan tujuan tertentu.
3. Decision making, in the face of uncentainly, with high penalties for eror (Asimow, 1962)
· Desain adalah suatu pengambilan keputusan dalam ketidak pastian dengan resiko kerugian berat
untuk
kesalahan yang diperbuat.
4. Simulating what we want to make (or do) before we make (or do) it as many time as may be
4. Simulating what we want to make (or do) before we make (or do) it as many time as may be
necessary to
feel cofident in the final result (Booker, 1964)
· Desain merupakan simulasi yang dilakukan berulang kali seperlunya dari apa yang akan dibuat atau
dikerjakan sampai mendapat kepastian mengenai perkiraan hasil akhir pada penetapan nantinya.
5. The conditioning factor for those parts of the product which come into contact with people (Farr,
· Desain merupakan simulasi yang dilakukan berulang kali seperlunya dari apa yang akan dibuat atau
dikerjakan sampai mendapat kepastian mengenai perkiraan hasil akhir pada penetapan nantinya.
5. The conditioning factor for those parts of the product which come into contact with people (Farr,
1966)
· Desain merupakan factor yang memberi kondisi pada bagian-bagian dari suatu produk yang akan
berhubungan dengan manusia.
6. Engineering design is the use of seientific principles, technical information and imagination in the
definition of a mechanical structure, machine or system to perform prespecified functions with the
maximum economy and efficiency (Fielden, 1963) · Engineering desain adalah pemanfaatan prinsip-
· Desain merupakan factor yang memberi kondisi pada bagian-bagian dari suatu produk yang akan
berhubungan dengan manusia.
6. Engineering design is the use of seientific principles, technical information and imagination in the
definition of a mechanical structure, machine or system to perform prespecified functions with the
maximum economy and efficiency (Fielden, 1963) · Engineering desain adalah pemanfaatan prinsip-
prinsip ilmiah,
iformasi teknis dan imajinasi dalam definisi suatu struktur mekanis,
mesin atau sistem
yang menunjukkan fungsi-fungsi spesifik yang telah direncanakan sebelumnya dengan pertimbangan
yang menunjukkan fungsi-fungsi spesifik yang telah direncanakan sebelumnya dengan pertimbangan
ekonomi dan
efisiensi yang maksimal.
7. Relating product with situation to give satisfaction (Gregory, 1966)
· Desain adalah suatu bentuk usaha yang membentuk hubungan antara suatu produk dengan situasi
7. Relating product with situation to give satisfaction (Gregory, 1966)
· Desain adalah suatu bentuk usaha yang membentuk hubungan antara suatu produk dengan situasi
yang menimbulkan
kepuasan pada pemakainya.
8. The performing of a very complicated act of faith (Jones, 1966)
· Desain merupakan suatu tindakan rumit yang didasarkan pada keyakian.
9. The optimum solution to the sum of the true needs of a particular set of circumstances (Matchett,
8. The performing of a very complicated act of faith (Jones, 1966)
· Desain merupakan suatu tindakan rumit yang didasarkan pada keyakian.
9. The optimum solution to the sum of the true needs of a particular set of circumstances (Matchett,
1968)
· Desain merupakan penyelesaian optimal terhadap tuntutan kebutuhan- kebutuhan yang sebenarnya
· Desain merupakan penyelesaian optimal terhadap tuntutan kebutuhan- kebutuhan yang sebenarnya
masih dalam
suatu kesatuan keadaan tertentu.
10. The imaginative jump from present facts to future possibilities (Page, 1966)
· Desain merupakan lompatan imajinasi dari fakta pada masa sekarang menuju kemungkinan-
10. The imaginative jump from present facts to future possibilities (Page, 1966)
· Desain merupakan lompatan imajinasi dari fakta pada masa sekarang menuju kemungkinan-
kemungkinan di
masa depan.
11. A creative actifity it involves bringing into being something new and useful that has not existed
11. A creative actifity it involves bringing into being something new and useful that has not existed
previously (Reswick,
1965)
· Desain merupakan suatu aktifitas yang kreatif, dan ini merupakan penyebab terjadinya suatu hal
· Desain merupakan suatu aktifitas yang kreatif, dan ini merupakan penyebab terjadinya suatu hal
baru dan
berguna yang sebelumnya belum pernah ada.
0 komentar:
Posting Komentar